Lagi, Aksi Solidaritas HMI Cabang Bima Untuk Rohingya
Cari Berita

Advertisement

Lagi, Aksi Solidaritas HMI Cabang Bima Untuk Rohingya

Kamis, 07 September 2017

Masa aksi HMI Cabang Bima ketika bertemu dengan pihak pemerintah Kota Bima
Indikatorbima.com - Puluhan Anggota Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Bima kembali melakukan aksi solidaritas untuk warga Rohingya di depan gedung Wali Kota Bima. Perwakilan Pemerintah Kota Bima pun Keluar menemui masa Aksi. Kamis, (7/9/17).

Atas peristiwa pembataian yang dilakukan oleh pemerintah Myanmar terhadap muslim Rohingya. HMI Cabang Bima kembali melakukan aksi solidaritas dalam rangka menyampaikan aspirasi kepada pemerintah Kota Bima. Dalam pernyataan sikapnya, disampaikan langsung oleh Fitriani, ketua umum HMI Cabang Bima. Berikut 3 tuntutan yang disampaikan :

1. Mengecam tindakan genosida yang dilakukan oleh pemerintah, militer dan ekstremis Myanmar terhadap muslim rohingya.

2. Sebagai negara mayoritas muslim terbesar dunia, mendesak pemerintah RI dalam hal ini Presiden Joko Widodo melalui pemerintah daerah (Bupati dan Walikota bima) untuk proaktif melakukan langkah2 kongkrit untuk memberikan solusi dan penyelesaian terhadap kejahatan kemanusiaan yang dilakukan pemerintah, militer dan ekstremis Myanmar.

3. Mendesak pemerinrah untuk memutuskan hubungan diplomasi dengan Myanmar di segala bidang, apabila tragedi kemanusiaan itu tidak juga diberikan langkah pasti oleh pemerintah Myanmar. 

"Aksi yang kami lakukan ini, merupakan murni aksi rasa solidaritas dan rasa kemanusiaan" ujar Fitriani.

"Harapannya pemerintah segera menyikapi urusan ini dan menerbitkan rekomendasi untuk menyelesaikan tragedi ini" tambahnya.
Suasana penyampaian aspirasi oleh masa aksi HMI Cabang Bima di depan gedung kantor Wali Kota Bima
Sementara itu, Pihak pemerintah Kota Bima yang di wakili oleh asisten 1 Wali Kota Bima, Drs. M. Farid, M.Si ketika menemui masa aksi menyatakan bahwa pihaknya akan menindaklanjuti apa yang menjadi aspirasi HMI Cabang Bima.

"Kita akan mempelajari sesuai tuntutan aksi HMI Cabang Bima, dan kami akan menyampaikan kepada atasan kami Wali Kota Bima yang sekarang sedang berdinas di luar daerah" utaranya di hadapan masa aksi HMI Cabang Bima.

"Bagaimanapun arahan Wali Kota Bima nantinya kita akan tindaklanjuti berdasarkan aturan dan ketentuan yang berlaku" lanjutnya.

Aksi Solidaritas HMI Cabang Bima berlangsung dengan damai tanpa ada insiden apapun.

Reporter : Fahrul
Editor      : Furkan