Ketika Keluarga Kekasih Tak Merestui Cinta Anda, Apa yang akan Anda Lakukan?
Cari Berita

Advertisement

Ketika Keluarga Kekasih Tak Merestui Cinta Anda, Apa yang akan Anda Lakukan?

Senin, 18 September 2017

Ilustrasi seorang lelaki yang menyendiri (foto : Ada Aku Kesah - blogger)
Kisah percintaan di zaman modern ini rupanya masih banyak yang mirip dengan kisah percintaan Romeo dan Juliet, Bahkan masih ada juga yang mirip dengan kisah perjodohan Siti Nurbaya. Tidak menutup kemungkinan anda pernah mengalami, atau saat ini sedang mengalaminya atau akan mengalaminya.

Jika demikian, hal apa yang akan anda lakukan? Apakah anda dan pasangan anda akan tetap bertahan sekuat dan semampu kalian? atau lekas pergi begitu saja meninggalkan kekasih yang sangat anda cintai hanya karna tidak direstui tanpa ada usaha untuk berjuang bersama?

Sebelum menjawab pertanyaan di atas, ada baiknya anda berusaha untuk melihat dan memahami kondisi keluarga kekasih anda. Hal itu diperlukan supaya anda punya pertimbangan dan lebih dewasa dalam mengambil keputusan. Berikut hal-hal yang harus anda pahami, yang mungkin saja sedang di alami oleh keluarga kekasih anda, sehingga mereka tidak merestui hubungan anda.

1. Kondisi ekonomi
Beberapa orang tua atau anggota keluarga menginginkan calon anggota baru mereka memiliki kekayaan ekonomi yang cukup, agar mencapai kesejahteraan untuk kekasih anda. Terkadang mereka tidak ingin anaknya atau adiknya atau kakaknya dipersunting oleh orang-orang tidak mampu/tak berharta seperti anda. Hal itu dilakukan dengan cara memperketat seleksi status hubungan kekasih anda.

2. Pengalaman Pahit Keluarga
Masa lalu yang pahit, bisa saja menjadi trauma tersendiri bagi setiap orang, termasuk keluarga kekasih anda. Mungkin masih membekas di dalam benaknya, sehingga mereka akan berusaha melindungi kekasih anda sebaik mungkin agar tidak mengalami kejadian yang sama. Setiap keluarga pasti menginginkan masa depan yang baik untuk kekasih anda.

3. Harta dan Tahta
Beberapa orang tua menganggap bahwa kepemilikan harta dan jabatan adalah modal utama untuk memperoleh kesejahteraan, sehingga mereka akan sangat senang ketika melihat anaknya berhubungan dengan orang yang memiliki kekayaan dan jabatan. Hal itu dilakukan demi masa depan anaknya yang cerah.

4. Tidak Mengetahui latar belakang Anda 
Orangtua kekasih Anda tidak ingin memiliki calon menantu seperti anda, karena mengetahui secara pasti karakter anda, kegiatan sehari-hari anda dan latar belakang keluarga anda. Atau sebaliknya orang tua kekasih anda tidak mengetahui siapa anda, seperti apa karakter anda, bagaimana latar belakang keluarga anda.

5. Memiliki calon lain yang menurut keluarga kekasih anda lebih baik
Mungkin orang tua kekasih anda sudah memiliki calon lain yang menurut mereka lebih baik untuk masa depan kekasih anda, atau mereka sudah terlanjur menjodohkan kekasih anda dengan orang lain, anak dari sahabat karibnya, atau bahkan dengan sepupu kekasih anda sendiri.

Memang sedih rasanya bila hubungan asmara tidak mendapatkan restu, apalagi malah dijodohkan dengan orang lain yang sama sekali tidak Anda kenal atau bahkan cintai. Sekarang daripada terus-menerus bersedih, lakukan beberapa hal berikut ini dengan harapan orangtua kekasih Anda mau mengubah pendiriannya dan akhirnya merestui hubungan Anda atau suapaya anda ikhlas merekakan kekasih anda pergi. 

1. Temui Keluarga Kekasih Anda
Umumnya keluarga atau orangtua merasa khawatir melepas buah hatinya menjadi milik orang lain, mereka juga khawatir tidak bisa lagi bertemu dengan kekasih anda. Karena itu, bicaralah secara terbuka dari hati ke hati dengan kedua orangtua kekasih anda, yakinkan mereka bahwa cinta dan kasih sayang anda kepada anak mereka tidak akan pernah tergantikan oleh apapun. Katakan bahwa, mereka tidak perlu kwatir karan Anda benar-benar mencintainya.

2 . Buatlah Komitmen Bersama Dengan Kekasih Anda
Mintalah ketegasan dari kekasih Anda untuk berani menghadap langsung kepada orangtua Anda, utarakan niat dan kesungguhan hatinya agar orang tuanya yakin bahwa anaknya tidak sedang salah memilih calon pendamping hidup. Ajaklah kekasih anda untuk berjuang bersama dalam meyakinkan orang tua atau keluarga dari kekasih anda.

3. Tunjukan hubungan yang sehat
Ketika orang tua tidak merestui hubungan anda cobalah secara konsisten menunjukkan hubungan yang sehat kepada mereka, tunjukkan bahwa Anda berdua saling menghormati dan saling membantu dalam setiap kesempatan, dengan cara demikian diharapkan orangtua mampu tergerak hatinya dan berubah merestui hubungan Anda.

4. Jangan memaksakan diri
Tidak ada salahnya bila menuruti keinginan dari orang tua kekasih anda. Tetapi, sebelum memutuskannya terlebih dahulu pastikan bahwa tujuan utama dari orang tua kekasih anda adalah tulus demi kebahagiaan kekasih anda di masa depan dan bukan demi tujuan yang lain. Jika anda benar-benar mencintainya maka anda akan iklas membantunya bahagia dengan orang lain.

5. Bersabar dan terus berusaha
Ketika hubungan Anda tidak direstui oleh orangtua ini adalah ujian bagi ketulusan cinta Anda. Karena itu, tetaplah bersabar dan teruslah berusaha meyakinkan mereka bahwa kekasih yang Anda pilih adalah piliahan terbaik Anda. Tidak ada keluarga atau orang tua yang baik mengharapkan sesuatu yang buruk terjadi pada buah hatinya.

Berkaitan dengan pasangan hidup, umumnya orang tua akan berusaha dengan sebaik mungkin memastikan bahwa buah hatinya tidak salah dalam memilih pasangan. Karena itu, pahamilah sudut pandang orang tua Anda dan jangan hanya berpedoman pada pengertian Anda sendiri, sehingga kebahagiaan bisa Anda rasakan bersama.

Sekalipun anda harus pergi dan menjauh, atau sebaliknya ketika anda di tinggal pergi oleh kekasih anda. Maka berusahalah untuk tetap sabar. Yakinkan bahwa diri anda pergi dan menjauh bukan karna anda tidak mencintai kekasih anda. Tapi karna anda benar-benar mencintai kekasih anda. 
Atau katakan pada diri anda, bahwa kekasih anda telah merugi telah melepas anda begitu saja.

Penulis : Furkan