Peran Literasi Dalam Pendidikan
Cari Berita

Advertisement

Peran Literasi Dalam Pendidikan

Selasa, 15 Agustus 2017

Foto : Penulis
Dalam dunia pendidikan tulisan mutlak diperlukan, buku-buku pelajaran maupun buku bacaan yang lainnya merupakan sarana untuk belajar para peserta didik mulai tingkat dasar sampai peguruan tinggi. Tanpa tulisan dan membaca proses transformasi ilmu pengetahuan tidak akan berjalan.

Hal ini menunjukan betapa pentingnya tuisan, budaya membaca, serta menulis dikalangan masyarakat dan peserta didik. Akan tetapi, kemauan membaca para peserta didik tidaklah seperti yang kita bayangkan, dan minat baca masyarakat Indonesia masih sangat minim sekali.

Literasi merupakan kemampuan membaca, menulis, dan memahami ide-ide yang sampaikan secara visual. Sangat memprihatinkan sekali, penyebab dari minimnya minat membaca sangat beragam, mulai dari orang tua yang memfasilitasi android kepada anak tanpa dikontrol sehingga anak terlena main game dan menjelajahi dunia maya, atau tayangan televisi yang menarik anak-anak untuk tetap duduk didepan televisi berjam-jam.

Dunia pendidikan memiliki peran penting dalam mendorong masyarakan maupun peserta didik untuk membaca, menulis dan berkarya. Karena, siapa lagi yang mau dan rela memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang pentingnya membaca, melainkan para pendidik.

Solusi dari masalah ini tentunya banyak sekali, diantaranya peran guru sebagai motifator yang slalu mendorong dan memotifasi siswa untuk mewujudkan minat baca yang tinggi, mengadakan lomba sinopsis atau mewajibkan para siswa untuk masuk organisasi disekolah minimal 1 (satu), karena didalam oraganisasi akan diarahkan oleh para pembina untuk berdiskusi dan melakukan kegiatan yang memerlukan wawasan yang luas karenanya siswa tidak akan mampu menyelesaikan tugas itu selain membaca dan berdiskusi dengan temannya sehingga dengan sendirinya siswa akan memiliki keingintahuan tetang sesuatu dan berdampak pada minat bacanya.

Kesimpulannya tentu kita menginginkan memiliki anak bangsa yang kuat dan cerdas sehingga kita dapat menjaga diri kita dan sama-sama membangun Indonesia dengan lebih cerdas. Untuk itu diperlukan perjuangan dan pengorbanan dari dunia pendidikan untuk mengayomi peserta didik karena hanya pendidikanlah yang mampu memberikan pelayanan dan pemahaman walaupun dengan sedikit paksaan kepada para siswa.

Penulis : Mutmainah (Mahahsiswa Universitas Muhammadiyah Malang Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar).