Bergeraklah Mahasiswa
Cari Berita

Advertisement

Bergeraklah Mahasiswa

Sabtu, 05 Agustus 2017

Foto : Penulis
Mendengar ada teman-teman mahasiswa yang dipukul oleh aparat penegak hukum, khususnya yang terjadi di Sumatera Barat sempat menjadi viral di medsos. Tentu semua memiliki porsi salah dan benar, tetapi apakah harus dengan pemukulan? Melihat kejadian itu rasanya miris sekali dengan keaadaan demokrasi sekarang.

Demokrasi itu mestinya mengutamakan jalur-jalur mediasi, bermusyawarah dan kedamaian. Justru dilakukan dengan kekerasan atau bahkan nyawa yang dipertaruhkan. Inikah pergeseran demokrasi kekinian. Apakah demokrasi hanyalah bungkus yang berisikan kediktatatoran? Atas nama keadilan dan penyelamatan dari tindakan yang tidak semestinya terjadi, teman-teman mahasiswa harus bersatu padu untuk merapatkan barisan, karena "gigitan" kekerasan akan selalu hadir jika tidak dilawan.

Diam tidak lagi emas, bangkit merupakan pilihan, melawan bukanlah kekerasan, tapi atas nama pembelaan. Disanalah letak keseimbangan. Pemukulan atas nama apapun itu tidaklah dapat dibenarkan, karenanya tidak juga dapat dilawan dengan pikiran. Menuntut keadilan itu wajib hukumnya, mahsiswa harus bergotong royong untuk membela rekan-rekanya yang diperlakukan dengan cara-cara tidak beradab. Gerakan mahasiswa harus dibangkitkan, gerakan yang selama ini benci tapi rindu harus dihidupkan.

Rasa 'ngantuk' hingga "tertidurmu" sudah usai, saatnya kau bangun 'cuci muka' lalu berpindah kearah yang semestinya, yaitu keadilan dan pembelaan. Bangunlah karena 'keyakinanmu' sebagai mahasiswa telah digugah. Sadarlah karena kekuatan-kekuatanmu telah dilemahkan, sadarlah karena pikiranmu mau di tiadakan. Kumpulkan segenap kekuatan-kekuatan dan semangat demi membela namamu "Mahasiswa". Karena Negeri ini berasal dari tanganmu, pemimpin berasal dari dirimu dan engkaulah tempat dimana kekuatan Republik ini berada serta engkaulah yang nantinya yang akan mengemban amanah. Bergerak, bergerak dan bergerak

Penulis : Alungsyah, Advokat dan Mantan Aktivis Mahasiswa