Antara Media Portal Berita Online, Informasi Publik, dan Masyarakat Bima
Cari Berita

Advertisement

Antara Media Portal Berita Online, Informasi Publik, dan Masyarakat Bima

Rabu, 16 Agustus 2017

6 Reporter Indikator Bima News ketika melakukan aktivitas Jurnalistik pada Pemilihan Umum Raya Universitas Muhammadiyah Malang tahun 2017.
Keberadaan Media Portal Berita Online di tengah kehidupan masyarakat Bima sangat berpengaruh bagi perkembangan dan kemajuan sosial kemasyarakatan. Tidak sedikit masyarakat Bima mengkonsumsi informasi publik dari media tersebut, apalagi media portal berita online yang dapat di percaya kebenaranan informasinya.

Akhir-akhir ini banyak dari kita yang tidak menyadari bahwa sebenarnya ada masalah yang dianggap kecil oleh kita, namun berdampak besar bagi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Khususnya bagi kehidupan masyarakat Bima.

Permasalahan tersebut adalah peran media sebagai jasa penyedia informasi publik dan peran masyarakat sebagai penerima atau konsumen informasi publik yang disediakan oleh media portal berita online. Namun, sebelum kita membahas masalah yang saya katakan di atas, perlu saya tegaskan terlebih dahulu bahwa media portal berita online adalah lembaga sosial, atau wahana komunikasi sosial, penyedia informasi publik, yang bertugas mencari, menemukan, mengelola, menyampaikan informasi kepada publik. sebaliknya masyarakat merupakan konsumen infromasi publik dari media portal berita online. Tentu keduanya saling bergantung antara satu dengan yang lain. Tinggal bagaimana penempatan posisi masing-masing dari media portal online sebagai penyedia informasi dan dari masyarakat sebagai penerima informasi publik.

Informasi merupakan hak setiap warga Negara, dan kewajiban untuk memberikan informasi juga menjadi kewajiban semua orang. Setiap warga Negara memiliki hak dan kewajiban terhadap perkembangan informasi publik.

Informasi sangat penting untuk semua orang, bahkan begitu pentingnya informasi menjadi makanan kedua setelah makan nasi. Informasi bisa menjadi sangat baik dan informasi juga bisa sangat berbahaya, namun baik dan buruknya, berbahaya atau tidaknya informasi, semua itu tergantung pada masyarakat sebagai konsumen. masyarakat harus punya yang namanya pisau bedah. Pisau bedah untuk membedah, memilih dan memilah mana informasi yang baik, mana yang tidak baik, mana yang berbahaya, mana yang tidak berbahaya, mana yang salah dan mana yang benar atau mana yang seharusnya dikonsumsi dan mana yang seharusnya tidak dikonsumsi. Sehingga masyarakat tidak menelan mentah-mentah informasi dimana pun sumbernya berada. Sebab informasi yang disediakan bisa saja mengandung kesalahan atau bercampur baur antara kesalahan dan kebenaran. Media portal berita online sepenuhnya sadar dan tau bahwa masyarakat Bima sangat antusias mengkonsumsi berita atau tulisan-tulisan tentang Bima yang berbau kejahatan, pelanggaran, kriminal (Tindak Pidana). Sementara berita atau tulisan yang berbau inspirasi, tentang ilmu pengetahuan, prestasi, potensi Sumber daya alam dan Sumber daya manusia, tidak dikonsumsi dengan baik.

Ada dengan manset berpikir masyarakat, mengapa masyarakat Bima lebih antusias membaca hal-hal yang berbau tindak pidana dibandindingkan membaca berita atau tulisan yang berbau kebaikan tentang Bima. Coba perhatikan dengan baik secara seksama, dapat dilihat hampir di seluruh media portal berita online Bima yang menjadi trending topiknya adalah berita atau tulisan tentang kekerasan, perampokan, kejahatan, pelanggaran, bacok-membacok, bunuh-membunuh. Tidak ada tulisan tentang Bima yang baik menjadi trending topik. Mengapa demikian?
Salah satu Media Portal Berita Online di Bima
Ironisnya, media portal berita online di Bima juga sangat antusias mengangkat atau mempublikasikan hal-hal semacam itu. Padahal masih sangat banyak sisi yang baik tentang Bima yang perlu diberitakan atau dituliskan. Berbicara tentang Bima, tidak harus hal-hal yang berbau radikal.

Sekali lagi, saya katakan masih banyak yang harus ditulis tentang Bima. Tidak hanya hal-hal yang berbau radikal, namun sisi lain Bima tentang potensi SDM dan SDA-nya, Pariwisata, sejarah, adat istiadat, budaya, kisah inspiratif parah tokoh, prestasi para pemuda, dan masih banyak lagi. Intinya kalau kita membicarakan Bima hanya pada sisi kejelekannya saja maka, Bima akan jelek dimata publik, tapi jika diimbangi dengan tulisan sisi baiknya maka Bima akan baik-baik saja.

Peran Media Portal Berita Online khususnya yang ada di Bima sangatlah besar, dia bukan avatar yang mengendalikan api, air, udara, atau tanah, akan tetapi Dia adalah Avatarnya Informasi, pengendali informasi publik. Meda harus berperan sebagai penyeimbang agar masyarakat tidak selalu diberikan informasi yang berbau tindak pidana, akan tetapi di imbangi juga dengan informasi tentang Bima yang baik-baik.

Mari bersama-sama membangun Bima dengan informasi yang sehat dan berimbang. Bima tidak harus dikenal dengan perang antar kampung, bunuh-membunuh, atau perampokan atau sejenisnya. Tapi Bima diharuskan untuk dikenal sebagai daerah yang ramah, madani, sejahtera, demokratis, dan toleran, atau daerah yang kaya akan Sumber daya alam dan Sumber daya manusianya. Kita sebagai Sumber informasi dan penerima informasi sangat berperan penting untuk menjaga Bima dari informasi hoax, dari informasi yang tidak berimbang, dari informasi yang berbahaya, atau informasi yang tidak jelas kebenarannya.

Sekali lagi saya katakan! Bahwa, masih banyak sisi lain tentang kebaikan Bima yang harus kita informasikan selain sisi buruknya saja.

Penulis : Furkan
Editor   : Fuad