Tramadol dan Efek Sampingnya, Penyalahguna Jangan Asal Mabuk Aja
Cari Berita

Advertisement

Tramadol dan Efek Sampingnya, Penyalahguna Jangan Asal Mabuk Aja

Sabtu, 01 Juli 2017

(Foto : Entertainment today) 
Tramadol adalah salah satu obat pereda rasa sakit kuat yang digunakan untuk menangani nyeri sedang hingga berat (misalnya nyeri setelah operasi).

Tramadol bekerja dengan cara memengaruhi reaksi kimia di dalam otak dan sistem saraf yang pada akhirnya mengurangi sensasi rasa sakit. Artinya obat tramadol hanya digunakan untuk mengurangi rasa sakit.

Namun tahukah kita, tentang efek samping dan bahaya tramadol tersebut? Berikut, Beberapa efek samping yang umum terjadi setelah menggunakan tramadol : 1. Pusing dan limbung. 2. Lelah dan mengantuk. 3. Mual dan muntah. 4. Konstipasi dan sulit buang air kecil. 5. Mulut kering. 6. Perut kembung. Dan yang ke 7. Diare.

Dalam kondisi tertentu, tramadol juga dapat menyebabkan efek samping yang cukup serius bagi anak-anak usia di bawah 17 tahun, seperti kesulitan bernapas, napas menjadi lebih lambat, linglung, atau kesulitan tidur.

Sangat disarankan untuk segera menghubungi dokter apabila terjadi hal-hal berikut setelah menggunakan tramadol: Kejang, Sakit kepala yang hebat, Kesulitan bernapas, dan Nafsu makan menurun.

Itulah efek samping yang akan terjadi apabila menggunakan tramadol, benar dalam penggunaannya saja sudah punya efek samping dan bahaya yang luar biasa, apalagi disalahgunakan. Bisa-bisa bukan lagi efek samping, tapi efek depan.

Penulis : Furkan