Suara Pemuda Untuk Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab. Bima
Cari Berita

Advertisement

Suara Pemuda Untuk Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab. Bima

Selasa, 18 Juli 2017

Penulis
Salah satu tugas instasi pemerintah adalah meningkatkan pelayanan yang adil dan merata bagi masyarakat.

Dalam hal ini saya sebagai masyarakat kabupaten Bima tentu sangat mengharapkan Dinas kependudukan dan catatan sipil kabupaten Bima bekerja sesuai dengan visi dan misi organisasinya dan seharusnya Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil mampu memberikan pelayanan publik yang memuaskan kepada masyarakat.

Berbagai kepentingan masyarakat yang ingin memperoleh pelayanan sesuai dengan haknya merupakan tugas bagi instasi pemerintahan untuk menyediakan kepentingan publik (masyarakat), dan saya melihat di dinas kependudukan dan catatan sipil kabupaten bima masih mengundang keributan, masyarakat rebutan dan bedesakan dalam mengurus KTP, KK dan lain sebagainya. Hal itu tentu dikarenakan kedisiplinan pelayanan dan juga kelengkapan fasilitas yang disediakan oleh pemerintah tidak memadai.

Saya juga melihat beberapa tahun ini fasilitas kantor catatan sipil dari dulu tidak ada pengembangan, Baik itu perbaikan maupun penambahan yang signifikan, semuanya terlihat sama saja.

Padahal kita semua tahu bahwa, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil merupakan salah satu instasi pemerintah daerah yang mengembangkan tugas dan kewajiban untuk memberikan pelayanan administrasi kependudukan terhadap masyarakat Kabupaten Bima.

Instasi pemerintahan, khusus dinas harus mencerminkan esensi pelayanan publik yaitu tugas dan fungsinya haruslah mencerminkan pemerintahan yang melayani masyarakat dan bukan minta dilayani.

Penulis : Subhan