Pertahankan Kearifan Local, Pemdes Londu Borong Alat Musik Tradisional
Cari Berita

Advertisement

Pertahankan Kearifan Local, Pemdes Londu Borong Alat Musik Tradisional

Sabtu, 01 Juli 2017

Puluhan Masyarakat sedang menyaksikan permainan Alat gendang tradisional (Foto : Taufiq) 
Indikatorbima.com - Upaya yang dilakukan oleh pemerintah desa Londu, Kecamatan Lambitu, Kabupaten bima, untuk mempertahankan kearifal lokal desa, patut di acungi jempol. Upaya tersebut dilakukan dengan cara membeli alat musik tradisional serta merawatnya dengan baik. Sabtu, (1/7/17).

Kepala desa Londu, Jaharudin menyatakan bahwa pemerintah desa telah membeli beberapa alat musik tradisonal.

"Kami dari dari pemerintah desa sudah mengupayakan untuk membeli dan menjaga Peralatan seni musik tradisional. baik itu, Rebana, Gong ,Gendang, Not serta jenis peralatan kesian lainya" Terangnya kepada indikator bima.

Lebih lanjut, Jahrudin mengutarakan harapannya kepada generasi muda untuk dapat mempelajari alat-alat musik tradisional tersebut secara terus menerus, dari generasi ke generasi.

"Kami berharap munculnya generasi muda untuk mempelajari jenis-jenis kesenian tradisional agar kearifan lokal desa londu dapat terjaga hingga generasi ke generasi" Ujarnya.

Sementara itu, Wahidin Selaku ketua Karang Taruna Desa Londu menambahkan, bahwa para pemuda Desa Londu sedang berupaya untuk mengembalikan ciri khas desa londu agar menjadi desa yang memiliki ciri khas kesenian.

"Kami dari karang taruna desa londu malalui pemuda akan berupaya untuk mengembalikan dan menjadikan desa londu sebagai desa yang memiliki ciri khas Kesenian Lokal di kabupaten Bima" jelasnya.

Pewarta : Taufiqurrahman