Perantau Sejak Kecil, Demi Sekolah Jubir Pernah Jadi Pengojek Payung
Cari Berita

Advertisement

Perantau Sejak Kecil, Demi Sekolah Jubir Pernah Jadi Pengojek Payung

Jumat, 28 Juli 2017

Foto : Jubir Darsun, SH. Sedang Memangku Anaknya bersama kedua orang tuanya ketika akan berangkat Umroh ke tanah suci
Setiap orang pasti memiliki cerita susah dan duka dalam hidup dan kehidupannya. Cerita tersebut dapat menjadi penyemangat dalam menjalani hidup, bahkan cerita tersebut tak dapat di lupakan begitu saja saking berbekasnya dalam ingatan. Salah satu kisah nyata tersebut, datang dari seorang tokoh muda asal Bima Nusa Tenggara Barat. Jubir Darsun, SH. tokoh muda kebanggaan masyarakat NTB yang kini berkiprah di dunia politik.

Tokoh Muda yang Akrab di sapa Jubir, nyatanya sudah merantau sejak kecil. Saat bapaknya bertandang ke Jakarta untuk berjualan madu, jubir di titipkan untuk bersekolah di jakarta dalam asuhan pamannya, Abidin H. Anwar.

Pada Tahun 1991, Jubir oleh Paman dan keluarganya di Jakarta, di sekolahkan di SDN 05 Pagi Tanjung duren, Jakarta Barat. Jubir adalah murid yang pintar di kelas, terbukti, ketika naik kelas 2 di SDN tersebut, jubir berhasil mendapatkan rangking I di triwulan pertama.

Karena kehidupan pamannya pada saat itu tiba-tiba terlilit masalah, di Putus Hubungan Kerja (PHK) dari tempatnya bekerjanya, Jubir hanya di perhatikan dan di biayai sekolahnya hanya sampai kelas III. Agar sekolahnya tak putus di tengah jalan, bersama teman-teman bermainnya sehari-hari, jubir bekerja sebagai pemungut bola tenis di daerah yang sekarang di penuh mall menjulang tinggi di Jakarta Barat. Bila musim hujan tiba, Jubir menjadi pengojek payung bagi pekerja kantoran yang lalu-lalang di daerah grogol.

Karena keadaannya yang terbatas, jubir hampir saja tak bisa mengikuti ujian akhir untuk penamatan sekolah dasar. Saat pengambilan izajah SDN pun, kolom untuk penulisan nama, tempat tanggal lahir, dan nama orang tua di izasahnya terpaksa di tulisnya dengan pensil.
Pintu Gerbang Sekolah SDN Tanjung Duren Selatan 05 Pagi
Setelah menamatkan sekolahnya di SDN 05 Pagi, Jubir di jemput oleh kakak sepupunya, A. Rasid H. Imran untuk melanjutkan Pendidikannya di SMP Tridharma MKGR Makassar. Di sanalah Jubir meneruskan perjalanannya menjadi seorang perantau. (Bersambung)...

Saat ini Jubir sedang menjabat sebagai ketua bidang Pemilihan Umum Barisan Muda Penegak Amanat Nasional (BM PAN), tengah sibuk menjadi Staf ahli DPR RI, ia juga akan dicalonkan sebagai Calon Anggota DPRD Propinsi NTB periode 2019-2024.

Penulis : Furkan