Pemuda ini Berani Bersuara, Anggota DPR RI Dapil NTB Dengarkanlah
Cari Berita

Advertisement

Pemuda ini Berani Bersuara, Anggota DPR RI Dapil NTB Dengarkanlah

Rabu, 05 Juli 2017

Penulis 
Mei sampai Juli 2017 merupan masa reses anggota DPR RI sebelum masa sidang untuk anggaran 2018, maka kewajiban bagi setiap anggota DPR adalah menyerap aspirasi masyarakat di dapil masing2 secara menyeluruh dan berkeadilan sesuai dengan amanat UU No 27 tahun 2009.

Beda halnya dengan anggota DPR RI Dapil NTB yaitu H. Muhammad Lutfi ketika melakukan reses tahun 2017 ini, beliau hanya menghabiskan Masa resesnya di wilayah Kota Bima.

Sebagai perwakilan masyarakat NTB seharusnya H. Muhammad Lutfi harus profesional dan berkeadilan dalam menyerap aspirasi masyarakat NTB. Tidak menjadikan daerah lain diskreditkan.

Walaupun yang saya ketahui H. Muhammad Lutfi memiliki kepentingan di Kota Bima dalam momentum Pesta demokrasi 2018 Kota Bima, tapi sebagai wakil rakyat itu harus meletakan jabatan dan tugasnya pada posisi yang adil, sehingga tidak ada kesan daerah yang di anak tirikan, walaupun saya adalah masyarakat kota Bima, tetapi beliau harus memberikan contoh yang baik kepada generasi dan masyarakat. Yang saya pahami Reses DPR merupakan komunikasi dua arah antara legislatif dengan konstituen/ mayarakat melalui kunjungan kerja secara berkala merupakan kewajiban anggota DPR untuk bertemu dengan konstituennya secara rutin pada setiap masa reses.

Dengan tujuan menyerap dan menindaklanjuti aspirasi konstituen dan pengaduan masyarakat guna memberikan pertanggungjawaban moral dan politis kepada konstituen di Dapil sebagai perwujudan perwakilan rakyat dalam  pemerintahan.

Penulis : Indra Gunawan (Pemuda Pena Na,e Kota Bima dan Alumni STKIP Bima.)