Komunitas Lumbung Berkebun di Tengah Kota, Siapkan berbagai Macam Bibit Sayur
Cari Berita

Advertisement

Komunitas Lumbung Berkebun di Tengah Kota, Siapkan berbagai Macam Bibit Sayur

Sabtu, 15 Juli 2017

Nasrullah, S.Hut (Irul) sedang berdiri di antara ratusan bibit cabai di kebunnya. 
Indikatorbima.com - Komunitas Lumbung tingkatkan usaha mandiri pemuda dan mahasiswa dengan berkebun di tengah kota Bima, Usaha berkebun yang sudah di garap selama 4 Bulan tersebut, sudah mampu siapkan berbagai macam bibit dan sayur mayur. Sabtu, (15/7/17).

Kebun rintisan komunitas lumbung, itulah nama kebun yang terletak di tengah kota Bima, tepatnya di kelurahan santi rt 5 rw 3 dengan luas Lahan sekitar 7 hektar. Meski baru di garap selama 4 Bulan berjalan, kebun rintisan tersebut sudah mampu menyiapkan berbagai macam bibit dan sayur mayur.

"Kita siapkan berbagai macam jenis bibit dan sayur mayur" ungkap Nasrullah, S.hut selaku ketua komunitas sekaligus pemilik usaha kebun kepada indikator bima.

Lebih lanjut Nasrullah, yang juga seorang perangkat desa (Sekertaris Desa Sangiang) mengungkapkan bahwa, Komunitasnya sudah memiliki pelanggan di dalam maupun diluar kota bima. Seperti di kecamatan wawo dan monta.

"Kita sudah punya beberapa pelanggan di dalam maupun diluar kota, seperti di kecamatan Wawo, dan Monta" ungkapnya.

Di tambahkan Nasrullah, Bahwa usaha berkebun tersebut juga dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan kemandirian pemuda dan mahasiswa.

"Usaha berkebun ini juga sebagai salah satu upaya untuk Meningkatkan kemandirian pemuda dan mahasiswa" ujarnya.

Sementara itu, ditanya mengenai harga bibit yang disediakan. Nasrullah menjelaskan bahwa harga bibit cukup bervariasi. Mulai dari 5 (lima) -15 (lima belas) ribu rupiah. Tergantung dari jenis dan kondisi bibit.

"Harganya cukup bervariasi, dari 5 ribu sampai 15 ribu. Tergantung dari jenis dan kondisi bibit" tuturnya.

Nasrullah juga menjelaskan, bahwa pihaknya tengah berkomunikasi dengan dinas pertanian untuk menjalin kerjasama pengadaan bibit hortikulutura (Tanaman Kebun).

"Kami sedang berkomunikasi dengan dinas pertanian, untuk bekerjasama dalam usaha pengadaan bibit hortikultura" jelasnya.

Sampai dengan berita ini ditulis, berbagai macam bibit dan sayur mayur masih tersedia, diantaranya : Labu, bibit cabai, bibit toma, kangkung, seledri, terong, kacang panjang, sawi, nimba, pare, cemara, kemangi hutan, bibit nangka, pohon naga, pohon pisang, singkong, dan tomat. Bagi yang berminat silahkan hubungi kontak di bawah ini : 082247862943 (Irul) 085338510299 (David).

Pewarta : Furkan S.A