Inilah 11 Agenda Besar Festival Gunung Api Sangiang
Cari Berita

Advertisement

Inilah 11 Agenda Besar Festival Gunung Api Sangiang

Rabu, 19 Juli 2017

Banner Kegiatan Festival Gunung Api Sangiang
Indikatorbima.com - Event Festival Gunung Api Sangiang yang akan di laksanakan selama lebih kurang 25 hari yaitu, dari tanggal 29 juli sampai dengan 22 Agustus 2017 di Desa Sangiang, Kecamatan Wera Kabupaten Bima. tepatnya di Pantai Sangiang darat dan Pulau Gunung Sangiang.

Kegiatan tersebut diselenggarakan dalam rangka memeriahkan hari jadi Kabupaten Bima yang ke 337 serta menyambut hari kemerdekaan Negara Republik Indonesia (RI) pada tanggal 17 Agustus 2017.

Dalam event ini, terdapat 11 items kegiatan besar yang akan dilaksanakan. Berikut 11 items kegiatan yang dimaksud :

1. Lomba sampan Layar Tradisional

Lomba sampan layar tradisional merupakan budaya kebanggaan dan hiburan tersendiri bagi masyarakat Desa Sangiang. Di lain pihak budaya tersebut juga dapat dikategorikan sebagai salah satu cabang olahraga ekstrim. Sebab untuk menjadi peserta lomba sampan layar tradisional tersebut, di butuhkan Seorang nahkoda yang memiliki kemahiran dan beranian dalam mengemudikan sampan, serta 4 atau 5 orang awak sampan yang mahir dalam menjaga keseimbangan sampan agar tidak tenggelam di tengah laut. Tempat start di pulau sangiang, mereka harus melewati gelombang dan angin kencang di tengah laut lepas hingga finis di sangiang darat.

Diketahui jumlah sampan layar yang ikut dalam lomba ini adalah sebanyak 29 sampan layar.

2. Gebyar Kuliner Kalempe

Kegiatan ini akan menampilkan pembuatan Kalempe massal yang dilakukan oleh masyarakat desa sangiang. Dalam kegiatan ini, pengunjung dapat menyaksikan bahkan terlibat langsung dalam proses pembuatan Kalempe. Tidak hanya itu, kegiatan ini juga manampilkan pesta makan Kalempe bersama, target Kalempe yang akan dibuat adalah 2000 Kalempe.

3. Nggalo Ruhu (Berburu massal)

Nggalo ruhu (Berburu massal) hanya dilakukan sekali dalam setahun di pulau sangiang.

Nggalo ruhu adalah tradisi berburu bersama antara pemerintah dan masyarakat dari dulu hingga sekarang. Kemudian hasil berburu tersebut akan dibagikan ke masyarakat setempat untuk di makan bersama.

4. Jelajah Gunung

Kegiatan ini merupakan kegiatan yang menyediakan tempat bagi para hoby jelajah, mendaki, dan berpetualangan. Kegiatan ini akan dilaksanakan di pulau sangiang.

5. Pentas Seni Dan Budaya

Kegiatan ini akan menampilkan 6 kegiatan sekaligus seperti, nyanyian mistik masyarakat Sangiang (arugele), ragam tarian daerah, teater, monolog sejarah (mpama), puisi dan musik.

6. Lomba Sampan Mini

Lomba sampan mini ini menampilkan atraksi pertarungan para pendayung sembari menunggu finisnya lomba sampan layar dari pulau sangiang ke sangiang darat.

7. Lomba Melukis Gunung Sangiang 

Kegiatan ini merupakan lomba yang bertemakan pesona dan keindahan gunung sangiang. Pengunjung dapat menyaksikan secara langsung bagaimana para peserta menuangkan imajinasinya dalam sebuah lukisan.

8. Pameran Foto dan Kerajinan Tangan Serta Industri Rumah Tangga

Dalam kegiatan ini yang akan di tampilkan adalah foto tentang potensi dan keindahan pulau sangiang. selain itu pengunjung juga dapat melihat langsung karya sarung tenun nggoli masyarakat desa sangiang serta dapat berinteraksi dengan penenun secara langsung. Bahkan dapat membeli sarung nggoli karya tangan masyarakat desa sangiang.

9. Parade Nggoli

Pawai atau parade nggoli merupakan kegiatan promosi dalam rangka memasyarakatkan kain tenun tradisional nggoli, dalam kegiatan ini peserta dan pengunjung di haruskan memakai kostum serba nggoli.

10. Nonton Bareng Film Dokumenter Sangiang

Kegiatan ini menampilkan beberapa film dokumenter tentang sangiang, baik yang sudah di tonton maupun yang belum, kegiatan ini akan ditutup dengan bedah film bersama.

11. Nggilo Ndiha

Kegiatan ini merupakan kegiatan menangkap ikan dimalam hari secara bersama dengan alat tangkap dan penerang sederhana, kemudian hasil tangkapan ikannya akan dibakar si aoi unggun untuk dimakan bersama.

Itulah 11 items kegiatan dalam event festival gunung api Sangiang. Datang dan saksikan kemeriahannya.

Pewarta : Furkan, S.A