Pasca Kebakaran, Para Korban Harus Mengalami 5 Hal ini
Cari Berita

Advertisement

Pasca Kebakaran, Para Korban Harus Mengalami 5 Hal ini

Jumat, 23 Juni 2017

Foto : reruntuhan 7 rumah korban pasca kebakaran
Indikatorbima.com - Kebakaran dahsyat yang menghanguskan sedikitnya 6 rumah dan satu terbakar ringan masyarakat desa sangiang kecamatan wera kabupaten bima meninggalkan duka yang mendalam untuk para korban. Salah satu dari 7 korban adalah seorang janda 3 anak.

Penderitaan yang mereka alami tidak hanya kehilangan Harta benda dan rumah namun lebih dari itu. mereka harus sabar dan tabah menerima kenyataan pahit, tawakal serta berserah diri menerima ujian dari Allah Swt.

Guncangan psikologis yang yang mereka alami pun membutuhkan dukungan moral dari orang-orang sekitarnya. Sekalipun sulit, Mereka harus tetap dimotivasi, bahwa semua akan kembali kepada Allah Swt, semua milik Allah Swt, bahwa semua akan baik-baik saja.

Berikut 5 hal yang harus mereka alami pasca kebakaran yang menghanguskan rumah mereka :

1. Kehilangan Rumah
Kebakaran yang terjadi telah menghanguskan rumah mereka. Rumah yang mereka bangun dengan susah payah, rumah peninggalan orang tua, peninggalan suami, rumah yang selama ini mereka tempati untuk berteduh sepulang bekerja. Kenyataan yang harus mereka terima adalah rumah itu tinggalah Batang kayu hitam sisa-sisa kebakaran, rumah itu tinggalah abu-abu yang bertebaran.

2. Kehilangan Harta Benda
Tidak ada yang bisa diselamatkan selain diri dan pakaian yang menempel pada tubuh. Mereka tidak menyangka bahwa peristiwa menyakitkan itu akan menghanguskan rumah mereka beserta isinya. Uang, baju, peralatan rumah tangga, emas, lemari, foto-foto dan dokumen penting, lemari, divan, dan masih banyak lagi. Mereka telah kehilangan rumah beserta isinya.

3. Kenangan Keluarga
Kehilangan materil yang mereka alami ternyata membawa pergi sejuta kenangan Indah yang pernah ada di rumah itu, puluhan tahun mereka hidup membina rumah tangga, makan dan minum dirumah itu, tempat anak-anak mereka bermain, tempat mereka tidur nyenyak, dan masih banyak lagi kenangan Indah yang pernah ada di rumah itu. Kebakaran itu benar-benar telah membawa pergi segala kenangan. Apa yang lebih berarti dalam hidup selain kenangan bersama keluarga. Kenangan adalah ingatan Indah yang harus hilang pada mereka.

4. Menumpang Dirumah Orang Lain
Setelah rumah dan Harta bendanya hangus terbakar yang entah oleh apa penyebabnya, mereka harus mencari tempat tinggal sementara semabari menunggu bantuan dari pemerintah. Sudah dua Bulan mereka menumpang tinggal di rumah orang, tak ada yang tau pasti sampai kapan mereka harus menumpang. Rasanya tidak enak ketika menumpang terlalu lama di rumah orang sekalipun keluarga sendiri. Mereka makan dan minum dirumah orang, tidur bermimpi dan bangun si rumah orang.

5. Membangun Rumahnya Kembali
Setelah semua kehilangan yang mereka alami, mereka harus membangun semuanya dari awal, memulai segela sesuatu dengan segenap tenaga yang dimiliki. Mereka harus membangun kembali rumah yang telah runtuh berkeping-keping.

Kita sebagai masyarakat dan pemuda yang perduli sudah sewajarnya membantu meringankan beban penderitaan yang mereka alami. Terutama pemerintah yang oleh undang-undang diberikan kewajiban untuk membantu para korban. Semoga penderitaan yang mereka alami segera berakhir dan mendapat kemudahan untuk membangun kembali rumah mereka.

Penulis : Furkan