Mitos Air Terjun Oi Nca Setengah Musim
Cari Berita

Advertisement

Mitos Air Terjun Oi Nca Setengah Musim

Rabu, 21 Juni 2017

Foto : Istimewa
Bima adalah kabupaten yang cukup luas yang terdiri dari beberapa kecamatan dan puluhan desa yang tersebar diseluruh kabupaten. Disalah satu kecamatan yang ada di Bima yaitu kecamatan Wera memiliki tempat wisata yang terbilang cukup misterius.


Tempat wisata yang cukup misterius itu berada didaerah desa Ntoke. Tak banyak yang tahu kalau desa Ntoke memilki wahana wisata tersembunyi. Masih banyak orang di kecamatan Wera sendiri yang belum tahu dimana tempat itu. Warga disekitar desa tersebut menyebut nama tempat itu sebagai OI NCA. Belum terusut lebih dalam mengapa tempat itu dinamakan OI NCA.

Menurut warga desa setempat ada dua ari terjun didaerah tersebut yang diberi nama OI NCA, namun hanya satu air terjun yang biasa didatangi oleh orang-orang untuk berlibur dan refreshing. Konon katanya OI NCA yang satunya lagi tidak banyak yang mendatangi karena jalan yang cukup sulit untuk dilalui. Biasanya hanya warga yang mengetahui seluk beluk daerah tersebut yang tahu bagaimana cara menuju ke air terjun yang satunya tersebut.

Air terjun OI NCA bisa dibilang cukup unik, karena air terjun ini tidak setiap saat bisa dikunjungi oleh orang-orang. Air terjun OI NCA terletak cukup jauh dari pemukiman warga, dan tak ada jalan khusus menuju air terjun tersebut. satu-satunya jalan adalah dengan mengikuti sungai. Air tejun ini dikatakjn misterius karena pada musim tertentu air terjun ini seakan-akan hilang dan tak dikunjungi.

Air terjun OI NCA hanya bisa dikunjungi pada musim kemarau saja, kerna pada saat itu sungai sedang kering kerontang. Karena jalan menuju air terjun tersebut adalah dengan mengikuti sungai, maka musim kemarau adalah waktu yang tepat untuk mengunjunginya.

Pada musim penghujan, air terjun ini hampir tidak bisa dikunjungi karena air sungai sedang deras-derasnya. Pada musim tersebut air terjun OI NCA seakan hilang ditelan bumi dan tak ada orang yang mengunjunginya. Orang yang pertama kali ke air terjun ini pasti akan merasa putus asa untuk sampai ke air tejunnya, keran pejalanan yang cukup panjang. Untuk mencapai air terjun OI NCA, bisa memakan waktu 1 hingga 2 jam.

Itulah yang membuat air terjun ini menjadi cukup unik dan misterius. Setelah sampai di air terjun OI NCA, kita seakan berada di lembah-lembah yang ada dihutan rimba, karena disan cukup jauh dari pemukiman dan disekelilingnya hanya ada batu-batu besar dan sulur-sulur yang menjalar liar disetiap pohon. Pada saat sampai di depan air terjun OI NCA, pengunjung akan merasakan suasana yang cukup panas karena perjalanan yang cukup panjang tadi. Namun tak lengkap rasanya jika mengunjungi aor terjun OI NCA tanpa melepas rasa lelah dengan mandi air terjun. Dari situlah kita akan merasakan begitu indah alam yang kita miliki, karena setelah merasakan airnya, maka kita seakan-akan tidak ingin pulang karena begitu segar air yang turun dari air terjun OI NCA.

Air yang dingin dan sejuk membuat semua rasa capek dan panas mengilang. Dari mitos yang beredar dikalangan masyarakat sekitar, diatas air terjun OI NCA terdapat ular besar yang dipercaya sebagai penjaga air terjun OI NCA. Namun belum ada pengunjung ynag pernah melihat langsung dan membuktikan secara langsung mitos tersebut.

Penulis : Amar Ma'ruf