Budayakan Gotong Royong Formas Bersihkan TPU, Pemdes Sumi Pun Disinggung
Cari Berita

Advertisement

Budayakan Gotong Royong Formas Bersihkan TPU, Pemdes Sumi Pun Disinggung

Sabtu, 24 Juni 2017

Foto : Suasana Gotong Royong Anggota Formas ketika Membersihkan TPU di desa Sumi
Indikatorbima.com - Forum Mahasiswa Sumi (FORMAS) bergerak secara gotong royong membersihkan tempat pemakaman umum (TPU) di desa Sumi kecematan Lambu kabupaten bima. Aksi tersebut juga dilakukan sebagai bentuk protes terhadap kinerja pemerintah desa yang di anggap apatis terhadap lingkungan. (24/6/17).

Berangkat dari rasa prihatin melihat kondisi TPU yang tidak terurus serta Budayakan Gotong Royong yang mulai dilupakan, puluhan anggota Forum Mahasiswa Sumi (FORMAS) mengadakan aksi gotong royong membersihkan TPU di desa sumi kecamatan lambu kabupaten bima.

“Kita miris melihat aparat Desa saat ini yang sama sekali tidak memperhatikan lingkungan disekitar, lebih-lebih tempat pemakaman umum ini. Lalu dimanakah fungsi Kepala Desa saat ini?,” ungkap ahyar selaku koordinator kegiatan kepada indikator bima.

Sementara itu, Ampes salah satu anggota Formas menyatakan bahwa gerakan tersebut diharapkan mampu mengembalikan kesadaran mahasiswa khususnya masyarakat Sumi dalam membudayakan gotong royong yang merupakan budaya di Desa Sumi.

“Kami yakin kedepannya masyarakat akan sadar dengan adanya kegiatan gotong royong seperti ini, menumbuhkan jiwa sosial dan persatuan terhadap semua elemen masyarakat,” ujarnya.

Kegiatan tersebut langsung mendapat respon positif dari masyarakat sekitar, salah satu tokoh masyarakat memberikan Apresiasi kepada para anggota Formas. Ia mengungkapkan bahwa masyarakat harus mendorong mahasiswa untuk terus melakukan kegiatan-kegiatan seperti ini. 

“Saya menyambut gembira dan memberikan penghargaan atas inisiatif dari mahasiswa desa Sumi, Dengan kegiatan ini Alhamdulillah TPU terlihat bersih dan tidak terkesan angker" ungkap Bapak Abdul Halik kepada indikator bima.

"Tentu pihak masyarakat kedepannya akan mendorong mahasiswa desa Sumi dalam mewujudkan kegiatan-kegiatan seperti ini,” jelasnya.

Diharapkan dengan dimulainya semangat gotong royong oleh anggota Formas dapat mengembalikan kesadaran mahasiswa dan masyarakat lebih-lebih pemerintah desa sumi untuk menghidupkan kembali budaya gotong royong di desa sumi kecamatan lambu.

Pewarta : Ainul