3 Motivasi Berdagang Nenek Siti Hajar Ismail, Pedagang dan Pembeli Wajib Baca
Cari Berita

Advertisement

3 Motivasi Berdagang Nenek Siti Hajar Ismail, Pedagang dan Pembeli Wajib Baca

Kamis, 29 Juni 2017

Nenek Siti Hajar Ismail sedang berjualan beberapa sisir pisang di pinggir jalan Soekarno Hatta kota bima
Masih ingat dengan nenek Siti Hajar Ismail? penjual beberapa sisir pisang di pinggir jalan Soekarno Hatta kota Bima beberapa waktu yang lalu.

Seperti pemberitaan Indikatorbima.com sebelumnya, nenek Siti Hajar Ismail adalah pedagang tangguh yang patut dijadikan panutan dalam berdagang. Bagaimana tidak, di usianya yang sudah lebih dari 80 tahun, ia masih saja kuat untuk berdagang dari kampung ke kampung.

Barang dagangannya tidak hanya pisang, terkadang nenek Siti Hajar Ismail juga berdagang Krupuk, Garam, bahkan Arang. Namun taukah anda, apa sebenarnya motivasi nenek Siti Hajar Ismail dalam berdagang? Apakah semata karna ingin mendapatkan laba atau demi mempertahankan hidup sehari-hari?

Berikut saya paparkan tiga motivasi nenek Siti Hajar Ismail yang patut kita teladani :

1. Membantu Para Pedagang
Bagi nenek Siti Hajar Ismail, Berdagang bukanlah untuk mencari untung semata, Bukanlah sekedar mencari nafkah atau untuk bertahan hidup, namun lebih dari itu. membantu orang lain adalah semangat berdagang nenek Siti Hajar Ismail, Salah satunya adalah membantu para pedagang. Ia ingin membantu para pedagang agar dapat mengahabiskan barang dagangannya. Ia berjalan dari kampung ke kampung hanya untuk membantu orang lain.

2. Membantu Memenuhi Kebutuhan Para Konsumen.
Membantu para konsumen untuk mendapatkan barang yang di inginkan juga dijadikan sebagai motivasi tersendiri oleh nenek Siti Hajar Ismail. Ia merasa bahwa beberapa orang sangat membutuhkan barang dagangannya. Tak jarang ketika orang memberinya uang secara cuma-cuma, namun tak sekalipun nenek Siti Hajar Ismail Menerima uang itu secara cuma-cuma, ia pasti menggantinya dengan barang dagangannya. Baginya, hidup berpangku tangan dan meminta belas Kasih orang lain bukanlah menjadi kebiasaannya. Ia tulus membantu orang lain dalam memenuhi kebutuhan hidup.

3. Berdagang Karna Hobi
Setiap orang punya hobi, begitupun dengan nenek Siti Hajar Ismail. Berdagang adalah Hobinya. Ia ingin menghabiskan sisa hidupnya untuk berdagang. Dengan begitu ia merasa telah berbuat kebaikan dengan hobi berdagangnya itu, selain membantu para pedagang, ia juga membantu para pembeli untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Ia merasa bahwa, Berdiam diri akan membuat tubuhnya sakit, sementara dengan berdagang akan membuat tubuhnya lebih sehat. Ia benar-benar hobi dalam berdagang.

Itulah 3 motivasi berdagang dari nenek Siti Hajar Ismail. Semoga kita dapat mengambil pelajaran dan menjadikan motivasi Nenek Siti Hajar Ismail sebagai motivasi hidup kita. Semoga kita lebih semangat lagi dalam kerja. Bahwa bekerja adalah hobi, dan semata membantu orang lain Karna Allah Swt. Amiin.

Penulis : Furkan